Kamu seorang Blogger Personal? Mungkin Perlu baca ini!

by - Saturday, December 12, 2015



Apakah suasana kamu cerah hari ini? Apakah kamu seorang blogger personal? Atau kamu adalah seseorang yang baru berniat untuk menjadi seorang blogger. Kalau belum, saya sarankan coba deh untuk membuat blog. Selain sebagai sarana mengasah keterampilan menulis, media berbagi pengalaman, sedekah ilmu bahkan berbagi kesedihan dan bahagia. Semua kamu bisa dapat dari nge-blog.

Untuk yang sekarang sudah mempunyai blog. Saya ucapkan SELAMAT! Karena kamu bukan hanya menjadi konsumen. Sobat telah bisa jadi pelaku.  Kita akan menjadi subjek dan pengendali informasi, membentuk opini, dan masih banyak lagi.

Oke, sesuai dengan judulnya kali ini dihari yang begitu cerah, saya ingin membahas sesuatu yang mugkin sohib tidak buta lagi dengannya. Ya Blogger, khusunya Personal Blogger. Oke kalaw begitu cekidot!

1.       Kenali lebih dalam Lagi “Blogger Personal”
Apa itu blogger personal? Apa bedanya dengan Blogger biasa? Mungkin dua pertanyaan itu yang sering muncul di pikiran sohib kan.  Jadi gini, Personal blog adalah sebuah blog yang dimiliki pribadi atau hanya satu orang.

Blogger Personal Bukan hanya online diary

Yup, jawaban itu benar. Blogger personal itu bebas kok. Bebas isinya mau diapakan. Yang terpenting sifat artikel-artikelnya itu menggunakan sudut pandang diri sendiri atau pribadi. Cirinya itu ada kata (gue, aku, saya, ane, dll).

Kita bisa ibaratkan itu blog adalah rumah pribadi kita. Yang dimana setiap orang berhak melihat rumah kita. Tapi yang bebas untuk mengurus rumah kita adalah diri sendiri. Kita yang atur perabotnya sendiri, letaknya dimana, isi rumahnya apa, mau dimodel apa, itu semua hasil usaha kita sendiri. Dan orang lain hanya bisa melihat. Begitulah blog Personal.  Beda halnya dengan blog yang berbasiskan atau landasannya adalah nirlaba (uang, keuntungan) dan lain-lain yang dimana pemiliknya lebih dari satu orang maka itu tak boleh dikategorikan dengan personal blog.

Belakangan ini, personal blog mengalami penyempitan makna. Sebuah blog yang terlalu mengejar keuntungan nirlaba walaupun merupakan blog pribadi tidak boleh dikatakan personal blogger.

Selain itu, blog yang didominasi dengan tutorial, tempat download software, dsb. Tidak boleh dikatakan dengan personal blogger. Walaupun ia memiliki blog itu hanya seorang diri

Ada catatan penting yang harus sohib ketahui bahwa
“Personal blogger itu hanyalah sebuah istilah yang tercipta dengan sendirinya oleh netizen, dan tentu syarat-syarat yang dapat dikatakan personal blogger seperti yang saya jelaskan tadi bisa saja berubah tergantung perkembangan dan pengaruh netizen (pengguna internet)”

2. Dengan Personal Blogger, Sohib bisa Banyak Mendapatkan Manfaat

Ada puluhan manfaat sob yang sebenarnya saya ketahui. Ingin rasanya sy mau jelaskan semua. Tapi demi menciptakan artikel ini terrkesan ramah untuk dibaca jadi saya tak ingin terlalu banyak mengambil ruang. Oleh karena itu, cukup beberapa saja yang akan saya tuturkan.

a.       Dengan personal blog, sohib bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan sukses

Ada sebuah survey di media amerika, 9 dari 10 perusahaan memeriksa profil online sebelum merekrutnya. Para manajer rata-rata ingin memperkerjakan orang-orang yang memiliki pengaruh kuat di internet. Profil yang kita cantumkan di blog kita otomatis telah terdaftar oleh google.  Minat, hobi, dan keahlian serta karakter tercermin dari postingan-postingan kita di blog.

b.      Blog adalah personal Branding kita
Masih berkaitan dengan poin pertama, blog adalah personal branding kita. Promosi online tentang keahlian dan identitas diri kita. Jika sohib mau sukses dalam karir maupun bisnis maka sohib harus membangun personal brand. Sekarang bisa saja sohib mengatakan  bahwa sohib ahli dan kompeten di bidang tertentu. Tapi masalahnya siapa yang mau percaya kalua anda ahli, jika sohib tidak memiliki bukti nyata untuk menunjukkan semua itu. Dan salah satu solusinya adalah blog. Mungkin lain waktu saya akan lebih menjelaskan  korelasi antara personal branding dengan blog. Tapi intinya adalah blog merupakan tempat efektif untuk membangun personal brand.

c.       Menjadi Seorang Penulis yang Baik
Dengan nge-blog sohib akan terlatih untuk menulis. Sohib akan senantiasa untuk berpikir, menulis, dan berbagi. Dan sohib telah menjadi penulis yang baik.

d.      Mendapatkan umpan balik yang cepat.
Penulis buku bisa saja harus menunggu waktu lama untuk mendapatkan umpan balik terhadap bukunya. Tapi blogger berbeda. Sohib bisa saja mendapatkan feedback  dengan sangat cepat. Sohib akan selalu berinteraksi dengan blogger personal lainnya dan saling bertukar pikiran. Sohib juga akan mendapatkan ilmu dari mereka, dan mereka juga mendapatkan ilmu dari sohib.

e.      Raih pengaruh
Jika sohib bertanya tentang cara terbaik mengubah dunia. Cara terbaik adalah menulis. Dan era sekarang blogger solusi terbaiknya. Pemikiran, dan cara pandang sohib akan berkontribusi langsung dengan cara pandang orang lain. Disitulah juga sohib dinilai oleh orang-orang.

f.        Nge-Blog adalah Ekpresi Diri Sohib
Nge-blog itu bentuk terkuat untuk ekspresi diri, walau itu hanya sebuah gambar atau coretan kecil

3.     Jadilah  Blogger yang Baik
Ingat! Menulis membuatmu abadi “kata seorang sohib saya”.  Tulisan kita takkan pernah lekang oleh waktu. Jadi perhatikan apa yang sohib tulis.

Ingat! Menulis membuatmu terhubung. Berinteraksi dengan yang lain, bersilaturahim melalui gugusan aksara. Oleh karena itu jadilah blogger yang baik.

Ingat! Perbaiki niat sohib. Inni ‘amalu bin niat  Sesungguhnya segala sesuatu tergantung niatnya. Niat menentukan arah sohib selanjutnya. Jika sekarang sohib memiliki niat yang negative untuk nge-blog. Saya sarankan ubahlah dari sekarang. Ubahlah niat sohib agar apa yang ada di tulisan sob bisa bermanfaat dan berbuah pahala buat sohib. Serta bisa memberikan pelajaran dan hikmah pada setiap pembacanya.



Sekian dulu postingan saya kali ini. Sampai ketemu pada postingan selanjutnya J

You May Also Like

39 comments

  1. iya gan betul,
    jaman sekarang menilai orang makin gampang gan, tinggal liat aja aktifitas dia di internet ..
    do the best deh

    ReplyDelete
  2. Iya Nas. Blogger itu melatih tanggung jawab seseorang. Apapun yanf ditulis harus sudah dipikirkan masak-masak terlebih dulu

    ReplyDelete
  3. 3 poin diatas emang betul.

    Kalo gue sih, menjadi blog sebagai saran online diary. Lebih tepatnya berbagi pengalaman. Bahasa kasarnya; curcol~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, semoga pengalamannya bisa menebar inspirasi sob

      Delete
  4. Gue setuju banget sama semua poinnya. Dan satu hal yang buat gue kaget adalah ternyata jadi blogger personal itu, banyak manfaatnya. Sempet dulu mikir "Apa sih manfaat curhatan gue?" Tapi, ternyata bisa buat orang lain terseyum, tertawa, bahagia itu adalah menfaat yang sering gue terima dari beberapa komentar mereka (pembaca).

    Sempet hampir pindah haluan, tapi Blogger Personal emang gak bisa lepas dari gue. Pokoknya blogger personal emang keren banget, selain jadi blog bermanfaat, bisa membangun personal branding. Asli, gue aja sekarang kaget. "Kok bisa ya? Orang tau gue gara-gara Wortel."

    Tapi, apapun itu, kuncinya konsisten. Btw, nice post mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tetap istiqomah ya bang, jarang loh menurut sy ada blogger personal seperti bang wortel loh

      Delete
  5. kalau tujuan saya ngeblog itu awalnya ingin memberi manfaat kepada pembaca. Tapi, terkadang tidak bisa dipungkiri bahwa, ingin juga mendapat uang dari blog. Kemudian saya ingat kembali ke tujuan awal, yaitu ngeblog untuk memberi manfaat. Intinya, semua berawal dari niat :)

    ReplyDelete
  6. semua poinnya bener banget tuh, dari yang awalnya cuman mau share cerita dan sebatas diary online, akhirnya dari personal blog juga lah aku mulai menemukan banyak kenalan, manfat dan ilmu - ilmu serta opini - opini seseorang ketika menilai sesuatu dengan bebas sesaui apa yang dipikirkan.. dan gak nyangka juga blognya banyak yang ngunjungin...

    ReplyDelete
  7. Waalaikumsalam.
    Alhamdulillah, saya blogger personal. Setuju banget sama ketiga point diatas. Cakep!

    ReplyDelete
  8. Menulis membuatmu abadi. *kali ini aku menggarisbawahi kalimat ini.

    Benar. Jadi tetap semangat nge-blog-nya.

    ReplyDelete
  9. Manfaat dari menjadi blogger personal dari poin a-f, kebanyakan gue belum tau. Postingan yang sangat bermanfaat.
    Tapi mungkin, kualifikasi seorang pekerja yang dilihat dari blog nya itu, di Indonesia masih asing juga.

    ReplyDelete
  10. poin no 2 setuju tuh.

    tapi saya mungkin lebih ke ngelatih menulis kayaknya ya.
    sesuai sama tujuan saya sih ngelatih nulis sama niat mau ngebagiin cerita-cerita yang sudaah saya buat

    ReplyDelete
  11. yeah.. personal blogger itu emang paling enak. curhat via digital, bisa menuangkan segala ekspresi, emosi dan imajinasi kedalam bentuk tulisan.

    ReplyDelete
  12. Setuju banget sama postingan diatas!

    Emang para bos sering stalking sosmed kita sebelum menerima kerja, suapaya tau dia kayak apa orangnya. Jadi ini juga alasan bagi kita supaya selalu menuliskan yang baik, biar dapat kerja gitu.

    Lewat ngeblog kita juga bisa dapet banyak info dan teman baru. Seru deh ngeblog itu

    ReplyDelete
  13. Setuju banget!!

    Blog personal itu selain bisa bebsa nulis, tapi juga lebih enak dibaca. Trus juga dengan blog personal kita bisa dapet banyak temen juga :DDD

    ReplyDelete
  14. gegara blog personal, tulisan gue pernah dijadiin film whaha keren yaakk

    Emang banyak enaknya sih jadi blogger personal, kita bisa menuangkan apa aja yang ada dipikirn kita tanpa perlu pertimbangan banyak. Gak usah juga mikirin seo dan tetek bengeknya

    ReplyDelete
  15. Dengan blog personal kita bisa mengekspresikan diri. Betul. dengan menjadi blogger personal aku jadi ngerasa enggak sendiri. Aku bisa berekspresi disini.berbagi cerita dengan banyak orang. Blog personal emang paling enak menurutku. Kayaknya udah nyaman jadi blogger personal.

    ReplyDelete
  16. Aku setuju sama poin-poin yang di atas. Apalagi masalah merubah cara pandang orang. Kadang personal blogger yang udah terkenal bisa merubah cara pandang seseorang melalui tulisannya. Mas Alit contohnya, dia sering membuat pembacanya merubah cara pandang mereka.

    Dan yang aku suka jadi personal blogger adalah, aku dapet temen yang sehobi. Dapet temen yang sama-sama suka nulis. Dan kadang juga dapet temen yang sama-sama suka hobi lain kayak baca, nonton film, dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  17. Semoga gue bisa bermanfaat byat orang lain lewat tulisan yg gue bukin hehehe...

    Blogger personal skrng artinya dinamis bisa berubah-ubah kadang aturan sbgai blogger personalpun flekibel gaampang diubah..

    ReplyDelete
  18. Iya, menyenangkan bisa membuat pembaca berpikir positif..

    Menjalin silaturahmi melalui teman yang sehobby :-)

    ReplyDelete
  19. hidup blogger personal!!! :D setuju banget tuh, perbaiki niat karna menjadi blogger itu panggilan hati haha.

    yaaap, personal branding. mari membangub personal branding yang bagus :))

    ReplyDelete
  20. bener tuh!

    ada banyak yg ngaku blogger personal. tp tiap postingan isinya lomba mulu, giveaway lah. apa lah...

    dulu emg d blog gw ada iklan adsense nya. tp semenjak ada pembaca setia yg mengaku terganggu dgn iklan itu. gw apus dah..

    blogger personal ya yg isinya ttg personal ssorg...

    ReplyDelete
  21. Gue termasuk blogger personal bukan, yak? Hahaha. Gue sering curhat doang di blog, entah deh ada manfaat atau nggak yang bisa diambil oleh pembaca. At least, gue hanya ingin cerita. :))

    ReplyDelete
  22. Okedeh kena nih postnya, setuju dengan tigatiganya...

    ReplyDelete
  23. Jd blogger personal emg enak sih menurutku :) dan udh ketauan kalo manfaatnya buaanyaaak trnyata! :D
    Kalo aku sih niat awalnya krna ingin mengekspresikan diri. Trs sklian pgn pnya tmen yg satu hobi, yg seneng baca, sneng nulis. :)
    Bener kata bang dijeh, blogger personal itu bebas, gak prlu mikirin SEO dan lain2. Pokoknya aku seneng dan bangga mnjd blogger prsonal! :D

    ReplyDelete
  24. Yg bikin enak jadi personal blogger tuh kita ngga perlu jaim! Bebas aja mau nulis apa. Hahah :D

    ReplyDelete
  25. yang saya tau semenjak kenal dengan para blogger orangnya itu baik baik mas. suka menolong dan baik hati. ramah ramah lagi.

    ReplyDelete
  26. insya ALLAH jadi blogger yang baik dan amanah ^^

    ReplyDelete
  27. Postingan keren nih. Makasih ya. Ilmu baru buat para blogger newbie :)

    ReplyDelete
  28. Hidup Blogger Personal hidupp :D

    ReplyDelete
  29. Menjadi bloger personal selantai (bukan hanya setingkat) lebih keren daripada sekedar cuap cuap berisik di sosmed hehehe

    ReplyDelete
  30. mantep banget bro, emang enak kalo jadi blogger persona;, udah ngerasain juga manfaatnya banyakk :g

    ReplyDelete
  31. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete