Akhirnya Menulis Diari Juga [Motivasi Menulis Diari]

by - Tuesday, January 12, 2016






Diari? Untuk seorang blogger seperti saya dan saya juga yakin para pembaca yang mampir di blog saya adalah seorang blogger juga. Tentu tak asing lagi yang namannya “Diari”. Soalnya salah satu fungsi blog adalah online diary .

Terus, kenapa judulnya “Akhirnya Menulis Diary”?
Ya, karena yang saya maksud di sini adalah diari yang bersifat pribadi. Singkatnya hanya kita yang tahu. Buku diari atau buku harian adalah catatan pribadi yang berisi tentang pengalaman dan peristiwa yang dialami yang sifatnya rahasia dengan gaya penulisan yang tidak mengikat (bebas).
Isi dari buku harian tersebut seseorang dapat mencurahkan segala bentuk isi hatinya baik berupa rasa dan pengalaman, impian, uneg-uneg, serta perasaan sedih, gembira, senggang, cinta, dll.

Kok baru menulis diari?
Sebenarnya keinginan ini sudah saya rasakan dua tahun yang lalu. Cuma karena saya orangnya Prockrastinator alias suka menanguh-nangguhkan sesuatu. Jadinya baru saya lakukan sekarang.

Kenapa mau menulis diari?
Banyak alasan sebenarnya. Awalnya itu karena terinspirasi dari artikel seorang blogger sewaktu blogwalking  dua tahun yang lalu. Ia menjelaskan bahwa ternyata menurut riset kebanyakan orang sukses di dunia ini mempunyai buku diari. Tapi itu dua tahun lalu, setelah itu saya belum memulainya. Sampai ketika teman saya bertanya kepada saya?

“Aldy, kamu suka menulis buku diari tidak?”

“Suka, tapi tidak setiap hari. Biasanya hal yang unik saja.Terus saya tulis di blog”

Percakapan semakin dalam dan sampai akhirnya ia mengajak saya untuk menulis buku harian. Teman saya ini terinspirasi dari Ustadzah Oki Setiana Dewi yang teryata dia suka menulis buku diari dari kecil dana pa yang ia tulis dari kecil itu bisa ia manfaatkan menjadi buku yang menginspirasi untuk semua orang. Waw.

Menulis diari memiliki banyak manfaat loh
1. Mengurangi stress
Emosi yang sohib rasakan bisa tercurahkan dalam bentuk tulisan di buku harian kita sob.

2. Menyimpan memori
Bisa kita bayangkan ketika kita di kemudian hari, menemukan dan membaca buku harian kita. Tentu buku diari sebagai alat untuk menyimpan kenangan. Indah bukan.

3. Sumber inspirasi
Inspirasi itu datang tiba-tiba, hilangnya juga tiba-tiba. Buku harian dapat menjadi sumber inspirasi kita. Saat kita mendapatkan ide yang tiba-tiba terpikirkan, tulislah dalam buku diari. Dari situlah ide-ide akan berkembang.


4. Target hidup
Dalam buku diari, kita bisa bebas bermimpi, berkhayal, dan rencana-rencana di masa depan, maupun target jangka pendek yang akan dicapai. Tulislah target hidup sohib, dan jadikan hal itu sebagai motivasi.


5. Tempat pebelajaran hidup
Sohib bisa saja mengalami kejadian buruk. Tulislah kejadian itu dan dikemudian hari jika sohib membacanya, tentu kita akan mengambil pelajaran berharga dari kisah itu.


6. Melatih otak kiri dan kanan.
Menulis sembari mengingat kejadian yang telah berlalu dapat melatih otak kiri dan kanan loh. Kedua otak itu akan saling terkoordinasi.


7. Melatih diri agar dispilin
Menulis diari setiap hari/malam tentu melatih kita disiplin. Walaupun tidak ada kejadian menarik kita tulis saja
“Hari ini tidak ada yang menarik, hari-hari berlalu begitu saja, bangun – makan – nonton – tidur. Serasa tidak produktif. Mungkin besok saya mau memulai hal yang baru”


8. Penyembuh diri dan menjadi lebih tenang
Menuangkan perasaan tentu akan membuat kita menjadi lebih tenang.


9. Lebih paham akan emosi diri sendiri
Apa yang kita tuliskan emosi kita akan membuat kita paham akan emosi sendiri.


10. Lebih percaya diri
Ketika seseorang sudah berdamai dengan emosinya sendiri pada akhirnya ia akan sembuh dari semua itu. Makai a akan mencintai dirinya sendiri. Orang-orang akan mencintainya dan ia menjadi lebih percaya diri.

Sudah cukup sepuluh saya jelaskan manfaatnya, sebenarnya masih banyak lagi sih kalau mau dijabarkan. Tapi nanti postingan ini terasa berat kalau terlalu panjang.


Tips dari saya untuk kamu yang baru mau mulai menulis.
1. Jangan pikirkan umur kamu sekarang.
Mungkin sohib menganggap saya sudah remaja, dewasa. Sudah banyak kejadian-kejadian yang penting dalam hidup saya yang terlewatkan.

Mulailah menulis. Diawal-awal buku diari anda, mungkin sohib bisa menuliskan kejadian-kejadian dahulu yang penting dalam hidup sohib, walaupun itu cuma garis besarnya saja.

2.     Jangan pernah merasa pusing mengenai cara menulis diari.
Menulis diari bebas kok, tidak ada aturan mengikat.
Penulisan buku harian tidak harus kalimat yang baik,boleh Bahasa gaul. Biasanya buku harian sering ditulis dengan kalimat ekspresif yang spontan keluar dari pikiran dan perasaan yang paling dalam.

Tapi kalau sohib masih merasa pusing, saya ada sedikit tips untuk sohib. Dalam buku harian setidaknya sohib dapat mencantumkan
-         Tempat
-         Waktu
-         Peristiwa yang sohib alami
-         Perasaan sohib

Tapi ini tidak wajib loh sob, tergantung dari sohib saja. Diari juga punya bermacam-macam bentuk, tergantung dari sohib saja mau cara nulisnya bagaimana.

3.     Mulailah dari sekarang
Jangan seperti saya yang suka menunda waktu. Ayo dari sekarang, caribuku kosong di rumahmu, jadikan buku diarimu. Sederhana tidak mengapa kok sob

4.    Cerita yang menarik di buku harian sohib bisa ditulis ulang dan disebarkan melalui blog sohib. Jika menurut sohib, cerita itu bermanfaat untuk orng lain, jangan ragu untuk membaginya ke para blogger. He he.

Jadi, apakah setelah membaca artikel ini, ada ketertarikan buat sohib untuk menulis diari. Jika ada, mulailah dari sekarang Juga
.
13 Januari 2016 - 




You May Also Like

28 comments

  1. salah satu alesan kenapa saya menulis di blog adalah agar kalo kita nanti kelak dewasa, bisa senyum2 sendiri waktu ngliat tulisan kita waktu dulu .. kalo kita udah nggak ada, tulisan akan tetap abadi .. Yohohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul banget mas, apalagi pas sudah berkeluarga rasanya pengen ditunjuki ke anak. he he

      Delete
  2. Alasanku nulis di blog salah satunya ya diari juga bro...
    Buat tabungan cerita di masa depan, kan kalau ditanya sama anak cucu nanti apa aja yang sudah dilakuin semasa muda tinggal suruh buka blog aja.. hehehe

    ReplyDelete
  3. banyak ya manfaat menulis. saya jga sedang menjadikan blog sebagai sarana hobi saya. keep writting bro

    ReplyDelete
  4. menulis diari emang ada beberapa manfaatnya. dan blog.. blog adalah digital diari yang bisa dibaca banyak orang. selain bisa memperkuat memori, dampak paling nyata adalah menghilangkan stress. ibarat mencurahkan segala perasaan dalam bentuk tulisan gitu :)

    ReplyDelete
  5. Bahasannha kali ini ..mutiah bangeet.. hehehe

    Saya alhamdulillah sejak SD udah biasa nulis deary.. setiap bulan mesti dibelikan sama ibu.
    Dan semua terasa ada energi dan kepuasan batin saat membacanya.. kita bisa menhetahui perkembangan karakter dan pola pikir kita dr unyu unyu smpe skrng hhi
    . Ada lucunnya..

    Sipp... selamat bergandeng cerita yaa

    ReplyDelete
  6. Setuju banget dengan beberapa manfaat yang telah dijabarkan.
    Saya pun menulis di blog karena ingin mengeluarkan apa yang terpendam dalam pikiran saya. Blog lah media platform yang mungkin bisa jadi salah satu pertimbangan tepat.

    ReplyDelete
  7. Wa'alaikum salam...

    Blog adalah salah satu sarananya. Dengannya mungkin ada pengalaman yang bisa membantu dan menginspirasi orang lain. (kemudian inget blog-ku isinya bikin orang baper doang)

    ReplyDelete
  8. dulu sih mikirnya kalo nulis diary, kesannya kecewe cewean banget sih. tapi ternyata nulis diary penting juga ya hehe

    Gue nulis diarynya di blog aja deh, biar banyak dibaca orang haha

    ReplyDelete
  9. Dulu waktu sekolah juga suka nulis diari, hampir tiap hari. sekarang udah gak pernah.

    ReplyDelete
  10. Sepakat. Tapi gue baru tahu kalau banyak oranh sukses punya diari. Wah, semoga kita semua sukses ya? Aamiin

    ReplyDelete
  11. Sampai saat ini, belum kepikiran untuk nulia diari. Paling, cuma nulis di blog aja dulu.

    Emang benar, dengan menulis kita bisa menyimpan kenangan. Hal itu juga yang membuat gue memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Sayang rasanya kalau kenangan kenangan dilupakan begitu saja. Oleh karena itu, mari mulai menulis.

    ReplyDelete
  12. Sy nulis diary wkt smp dan sma, sekarang kalo pny buku caatatan pasti dicoret2 sm anak

    ReplyDelete
  13. Semakin kita banyak menulis dan membaca secara otomatis kita juga belajar cara melampiaskan atau mengeluarkan ide atau uneg-uneg. Pasti akan membuat kita semakin dewasa dalam berpikir. Mengurangi stres dengan cara menulis lebih efektis daripada sekedar jalan-jalan,

    ReplyDelete
  14. Dulu aku juga sering nulis curhat di diary. Tapi karena pernah ketawan temen dan disebarin (kampret emang). Jadinya kapok... Hahahah XDDD

    ReplyDelete
  15. Wah, pas banget ini, aku baru kemaren memusnahkan semua diary-ku dari zaman SMP sampe kuliah. Abisan isinya nggak bermanfaat banget cuma gosip dan unek-unek doang, dan pasti malu-maluin banget kalo sampe dibaca orang laen, wkwkwkwkwk..
    Tapi emang penting kok punya diary yang isinya cuma kita dan Tuhan yang tau, soalnya ada hal-hal yang sebaiknya nggak diketahui orang lain ^^
    Setuju sama Aldy, kalo untuk di blog, sebaiknya share yang bermanfaat aja ^^

    ReplyDelete
  16. Emang bener tuh manfaat yang ditulis di sini. Dulu gue pas SD sama SMP suka nulis diary. Masih disimpen dan sering ngakak sendiri kalo bacanya, sambil ngomong "Ini beneran gue yang nulis tah?" Tapi kalo sekarang gue lebih milih nulis diary online alias blog. Kalo gue curhatnya di buku diary, kasian blognya gak diisi ntar wkwk.

    ReplyDelete
  17. Aku juga suka menulis, terlihat jelas manfaatnya seperti yg kamu tuliskan.
    Yuk sama-sama belajar, awalnya nulis diari dulu nanti lama kelamaan nulis yg lebih bermanfaat urk orang lain

    ReplyDelete
  18. Tulisan akan tetap abadi dan tersimpan rapi disisinya..tpi klo saya yg nulis diary dibuku psti ujung2nya buku itu dijadikan buku cakaran...

    ReplyDelete
  19. Blog bisa dibilang diary kan ya?^^
    Bener tuh, aku dah ngerasain manfaatnya selama nulis 'diary' :D

    ReplyDelete
  20. bener banget, nulis bisa bikin semangat lagi. dan yang sedih2 jadi ilang deh.

    ReplyDelete
  21. saya dulu punya diary. nah kalo pas lagi sedih banget diarynya saya hancurin trus bikin baru lagi. haha...apa coba?

    ReplyDelete
  22. Bisa jadi catatan pengingat juga ya, kalau mau bikin postingan, ceritanya udah ditulis di diari, tinggal di poles di blog :)

    ReplyDelete
  23. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete