Siapkan Visimu untuk Masa Depan yang SUKSES

by - Tuesday, November 03, 2015




Tidak terasa sudah berpekan-pekan saya tak pernah mengupdate blog saya lagi, kali ini saya hanya ingin berbagi tips mengenai apa yang saya dapatkan beberapa hari yang lalu. Sebuah nasihat yang menggelitik hati saya untuk memiliki suatu hal. Apa itu? VISI

“Maliki yaumiddin”[Q.S Al. Fatihah; 4]
Yang menguasai hari pembalasan

Ayat ini selalu tertanam dalam hati saya, seakan-akan ayat ini mengingatkan kita agar selalu berorientasi pada masa depan. Kita dituntut untuk memiliki tujuan masa depan yang jelas, merencanakan pada setiap langkah yang hendak kita tempuh. Sehingga kesadaran penuh untuk meraih kesuksesan bisa kita miliki. Kita harus bertindak atas nama Allah SWT, selalu bersyukur kepadaNya. Inilah jaminan masa depan yang indah bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. SUKSES DUNIA AKHIRAT.

Kita masih hidup di dunia, tapi diajak oleh Allah untuk memikirkan hal berbau akhirat. Tentu ini sebuah maksud untuk menjadikan kita agar bersungguh-sungguh mempersiapkan bekal di akhirat. Kita harus memiliki visi yang jelas, kemudian membuat sebuah perencanaan dalam bentuk langkah-langkah yang konkret, lalu istiqomah untuk menjalankan perencanaan itu untuk meraih visi masa depan yang dicita-citakan.

Visi yang jelas-> Perencanaan yang matang -> Langkah yang konkret -> Istiqomah = SUKSES


John C. Maxwell membagi orang berdasarkan visi hidupnya menjadi empat tipe:

1.      Pengembara
Tipe ini adalah orang yang tak memiliki visi dalam hidupnya. Mengarungi hidup apa adanya, mengalir seperti air, pasrah terhadap nasib, tanpa ada ikhtiar sedikitpun untuk berjuang dalam hidupnya. Ia tidak mengerti terhadap apa yang akan dilakukan. Akalnya tak pernah diatur untuk memikirkan hal-hal yang akan datang sehingga otaknya menjadi tumpul. Sikapnya kurang responsif terhadap perubahan dan antipasti terhadap keberhasilan orang lain.

2.      Pengikut
Seseorang yang memiliki visi dalam hidupnya namun tak mampu dan mau meraihnya. Tipe ini biasanya suja membicarakan mengenai kejadian yang biasa ia alami atau hal yang remeh-temeh. Berbicara tanpa isi, jarang kelihatan bersemangat, sering mengeluh terhadap kegagalannya. Suka menyalahkan situasi dan orang lain, serta senang bercerita masa lalu.

Permasalahan utama orang seperti ini, adalah lemahnya komitmen diri untuk mencapai visi tersebut. Selain itu, pemahamannya yang salah untuk mencapai visi tersebut juga merupakan salah satu faktor. Mereka beranggapan bahwa orang yang sukses dipengaruhi faktor nasib atau kebetulan. Akibatnya ia hanya duduk menunggu bintang jatuh tanpa ada upaya meraihnya. Disaat ia masih berasik melihat bintang. Temannya yang lain sudah disibukkan untuk meneliti bintang.

3.      Peraih Prestasi
Sikap yang memiliki visi yang jelas dalam hidupnya, berusaha dengan gigih, dan akhirnya berhasil menggapai visinya. Orang tipe ini biasanya suka membicarakan masa depan, berpikir positif, aktif dan selalu bersemangat. Ia memiliki pola piker bahwa apa yang ia miliki hari ini adalah hasil usahanya di masa lalu dan apa yang ia lakukan hari ini adalah untuk masa depannya.

Bagaimana kawan? Maukah kalian menjadi orang dengan tipe ketiga ini?
Tunggu dulu!

Masih ada satu tipe lagi, tipe ini adalah tipe terbaik diantara yang lain.

4.      Pemimpin
Sosok yang memiliki visi dalam hidupnya berusaha dengan gigih dan akhirnya berhasil menggapai visinya, kemudian ia membantu orang lain untuk menggapai visi hidupnya.

Orang tipe ini adalah tipe yang berorientasi pada masa depan, semangat, dan berpikir positif, dan pantang menyerah hingga akhirnya ia berhasil mencapai visinya. Namun tak berhenti sampai disitu, ia pun berbagi kesuksesannya kepada orang lain dengan cara membantu orang tersebut untuk mencapai visinya.
Itulah keempat tipe seseorang, semoga kita masuk dalam kategori keterakhir. Aamiin.

Intinya adalah:
Visi adalah pandangan jauh melihat masa depan. Jika pandangan mata hanya mampu melihat sebatas mata memandang. Visi adalah pandangan tanpa batas yang menembus ruang dan waktu. Visi itulah yang akan mengarahkan kita agar tetap on the right track “Ihdina sirhathal mustaqim” [Q.S Al-Fatihah;6]
.
.
Maros, 28 Oktober 2015

You May Also Like

15 comments

  1. Masa depan gue nanti gimana yah...
    eh loh... curhat... O_o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga jadi yang ke empat, pemimpin. Tapi setidaknya ya memimpin diri sendiri dulu sebelum orang lain.. :-)

      Delete
  2. Visiku sudah terbentang jauh sebelum sekarang, dan visiku tidak pernah selesai, kalau bisa sampai sudah meninggalpun visi itu masih berjalan..

    Aamiin

    ReplyDelete
  3. kalau gue sekarang lagi berusaha agar selalu bisa berada di golongan orang yang nomer 3 dan nomer 4 dan sebisa mugkin gue menggindari punya sifat seperti org nomer 1 dan 2.

    gue suka banget soalnya membicarakan masa depan hahah pokoknya kalo ada yg topik2nya tentang masa depan, gue pasti yang paling semangat deh haha

    ReplyDelete
  4. Kayaknya aku masuk di golongan Pengikut. Ibaratnya, punya mata buat ngeliat masa depan tapi gak berani buat ngeliat sejauh-jauhnya. Hiks.

    Semoga kita semua bisa masuk di golongan Pemimpin. Mimpin impian kita sendiri. Lebih keren lagi impian orang banyak juga :)))

    ReplyDelete
  5. Pemimpi itu suatu saat insya allah akan Menjadi seorang pemimpin

    ReplyDelete
  6. Keren ... ini nih anak muda yang tahu apa yang dicari dan apa yang harus dia lakukan.
    Semoga jadi orang sukses yah :)

    ReplyDelete
  7. maunya yang tipe keempat, menjadi pemimpin. Aamiin :D

    ReplyDelete
  8. anak muda yang mau berpikir jauh kedepan. tapi jangan hanya di pikirkan aja yah. tapi mulailah berbuat sesuatu

    ReplyDelete
  9. masa depan saya entar gimana yah ??

    ReplyDelete
  10. sepertinya masih menjadi tipe yang kedua :'( *komitmenya lemah/belum konsisten*

    ReplyDelete
  11. Sip ... Temukan visimu. Anak muda harus berdaya. Engkau diantaranya. Mantap, dik

    ReplyDelete